Menu

Tekken 7, Berlanjutnya Konflik Keluarga Mishima

Tekken 7, Berlanjutnya Konflik Keluarga Mishima

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

Bestprofit Metrotvnews, Jakarta: Bandai Namco akhirnya merilis seri terbaru dari game fighting ternama mereka, Tekken 7. Memang, Anda mungkin telah mendengar judul game ini sejak 2 dua tahun silam, dan saat itu memang tersedia secara eksklusif untuk mesin arcade di pasar Jepang. Peluncurannya secara global awal bulan Juni lalu menjadi tanda gamer seluruh dunia sudah bisa melanjutkan kisah tiada akhir dari keluarga Mishima.

Kabar gembiranya, Tekken 7 juga meluncur untuk PC, yang artinya Bandai Namco semakin membuktikan bahwa mereka sudah tidak pilih-pilih platform untuk game ternama. Seperti apa gameplay, keunikan, dan kekurangan Tekken 7? Berikut ulasan Metrotvnews.com.

Seperti yang sudah dijelaskan, Tekken 7 melanjutkan kisah perseteruan keluarga Mishima, yang bermula dari Heihaci, sang kepala keluarga yang melahirkan anak bernama Kazuya. Ternyata, Kazuya menyimpan darah iblis, yang sebenarnya berasal dari ibunya. Kisah balas dendam keluarga yang tanpa ujung ini sebenarnya memiliki skalsa global, dan melibatkan banyak petarung yang muncul dalam seri Tekken. Anda adalah seorang wartawan yang sebenarnya melihat perseteruan ini dari kacamata netral, dan tugasnya adalah melakukan investigasi mendalam sampai misteri yang ada terbongkar.



Cerita singkat di atas akan pemain lihat ketika memilih Story Mode. Pemain akan bertarung sendirian, dan bertualang menjadi bermacam-macam karakter. Mode ini berbeda dengan Arcade Mode, yang menuntut pemain bertarung dengan satu karakter dan mengalahkan semua musuh, sampai pada akhirnya berhadapan dengan Heihachi. Story Mode menekankan narasi yang tidak kompleks dan terbagi ke dalam beberapa chapter.

Namun, satu chapter tergolong sangkit singkat, yang bisa hanya terdiri dari satu pertarungan. Pembagian chapter memang cukup berantakan karena mengangkat kisah beberapa karakter penting, dan pengangkatan kisah ini terkesan dipaksakan. Ada beberapa karakter penting yang memang sudah terlibat dalam kisah di seri sebelumnya, tetapi pada akhirnya justru tidak terlalu menonjol. Di sisi lain, Anda tidak perlu terpaku pada cerita Story Mode karena ini memang tidak lebih dari penghias.



Bermain game fighting tentunya harus membahas jagoan yang muncul. Tekken 7 menghadirkan cukup banyak karakter, dan sebagian sudah muncul pada seri sebelumnya. Anda akan dikejutkan dengan kehadiran beberapa karakter legendaris seperti Yoshimitsu. Heihachi, Kazuya, dan Jin, dan Asuka Kazama sudah pasti muncul, ditambah dengan Hwoarang, Eddy Gordo, dan Paul Phoenix. 

?Cukup banyak jagoan baru yang muncul, termasuk Shaheen dengan karakteristik Arab yang kental. Ada juga Akuma, petarung kuat yang juga muncul dalam seri Street Fighter. Selain itu, Anda bisa melihat kehadiran Lucky Chloe, Josie Rizal, Katarina, Gigas, Jack-7, Claudio, dan Master Raven sebagai jagoan baru untuk Tekken 7.

Tekken 7 bisa dibilang merupakan salah satu game fighting dengan mekanisme permainan yang mudah, Hal ini bisa terlihat dari gaya combo yang mudah dieksekusi, dan saya bisa mengatakan lebih mudah ketimbang Injustice 2. Anda bisa menciptakan combo dari satu tombol untuk beberapa karakter, dan memiliki daya serang yang tidak kalah kuat dengan combo yang lebih kompleks.

Ditambah lagi, ada cukup banyak pilihan combo yang sesungguhnya tidak terpaku oleh apa yang sudah muncul dalam daftar combo setiap karakter. Oleh karena itu, tempo permainan Tekken 7 bisa lebih cepat, terutama jika Anda memang sudah biasa menggunakan satu karakter. Salah satu teknik anyar yang membuat Tekken 7 semakin seru adalah Rage Art, jurus pamungkas yang hanya bisa aktif ketika karakter dalam keadaan sekarat. Daya serang Rage Art sangat kuat, dan momentum yang tepat bisa membuat Anda membalikkan keadaan.



Fitur baru berikutnya yang muncul dalam Tekken 7 adalah kustomisasi karakter. Ya, setiap jagoan bisa tampil beda dengan pakaian lain, yang bisa dibeli menggunakan uang yang didapat setiap kali bertarung. Kustomisasi ini melibatkan hampir semua anggota tubuh, mulai dari gaya rambut, baju, celana, atau penghias seperti aksesori lucu. Pilihan kustomisasi cukup banyak, dan ada beberapa pilihan pakaian yang sama untuk banyak karakter. 

Anda bisa saja membuat Nina Williams menggunakan pakaian pasukan khusus yang selama ini muncul di seri lama, atau Eddy Gordo dengan gaya pakaian klasik berwarna hijau kuning. Tidak murah, harga beberapa aksesori bisa sangat mahal dan tidak bisa langsung dibeli di awal permainan.

Pertarungan online Tekken 7 menawarkan tantangan yang cukup menyita perhatian saya. Pihak Bandai Namco sengaja menciptakan sistem peringkat agar pemain bisa terus berusaha menjadi petarung terkuat. Untuk mencapai peringkat tertentu, Anda harus melalui beberapa pertarungan, semacam experience point yang tidak terlihat. Sayangnya, koneksi yang diperlukan cukup berat, setidaknya jika mengacu pada internet di kantor dan rumah saya dengan kecepatan di atas 15Mbps. Pembaruan software untuk Tekken 7 mungkin bisa menutupi kelemahan ini.

Kesimpulan

Tekken 7 adalah salah satu game fighting yang layak Anda mainkan, terlepas dari konsol atau PC yang dimiliki. Beragam fitur baru dan combo yang sangat mudah memang cocok untuk gamer yang menginginkan pertarung dengan tempo cepat.

Tidak sampai di situ, Tekken 7 juga cocok untuk gamer baru yang belum pernah memainkan franchise Tekken sama sekali, berkat rekap ulang cerita dari seri pertama yang bisa diakses setelah membelinya. Dari situ, pemain bisa melihat kisah Tekken secara lengkap, ditambah evolusi grafis yang tersemat dari setiap serinya.

 
Platform: PlayStation 4, PC, Xbox One
Developer: Bandai Namco Studios
Publisher: Bandai Namco Entertainment
Tanggal Rilis: 2 Juni Mei 2017
Jenis: Fighting
Situs Resmi: http://tk7.tekken.com

PT Bestprofit
 

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.