Menu

Perusahaan Tambang Rusia Berhasil Temukan Berlian Merah Muda Termahal

Berlian merah muda. (Foto: Russia Today)

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

MOSKOW – Saat berhasil menemukan barang berharga, seseorang akan merasa sangat bahagia. Apalagi jika barang yang ditemukan merupakan sesuatu yang langka, mereka pasti akan menjaganya baik-baik.

Hal ini tengah dirasakan salah satu produsen berlian di Rusia. Alrosa baru-baru ini menemukan barang yang sangat unik, yakni berlian merah muda 27,85 karat. Barang langka ini mereka temukan di sebuah tambang.

Barang yang ditemukan Alrosa sangatlah berharga dan memiliki nilai jual yang tinggi. Menurut perusahaan, berlian kasar itu seukuran almond besar. Kepala USO Alrosa, Evgeny Agureev mengatakan, berlian yang langka itu sangat diminati di pelelangan. Penemuan ini akan menjadi sejarah baru bagi perusahaan.

“Karakteristik berlian yang unik menjadikannya batu langka yang luar biasa dengan nilai tinggi. Batu-batu besar, terutama berwarna, selalu diminati di pelelangan. Tetapi jika perusahaan memutuskan untuk memotongnya, berlian itu akan menjadi berlian termahal dalam sejarah Alrosa,” ujar Kepala USO Alrosa, Evgeny Agureev, sebagaimana diberitakan Russia Today.

Penemuan berlian berwarna lebih dari 10 karat memang sangat jarang terjadi. Dalam setahun, berlian berwarna biasanya hanya ditemukan satu kali.

Berlian merah muda terbesar yang berhasil ditemukan sebelumnya oleh Alrosa hanya 3,86 karat. Batu permata tersebut ditemukan pada 2012. Selain itu, dalam delapan tahun terakhir, hanya tiga berlian merah muda yang berhasil ditemukan oleh penambang. Berlian yang ditemukan pun hanya 2 karat. 

Alrosa sendiri berencana menjual koleksi mereka di sebuah lelang online. Dalam lelang tersebut, mereka akan menjual lima berlian unik. Lelang itu akan mereka gelar pada November.

Tak hanya itu, Alrosa juga akan melelang 51,38 karat permata yang merupakan berlian murni dari semua berlian besar yang diproduksi sepanjang sejarah perusahaan Rusia. Mereka menyebutnya ‘Dynasty Collection’ yang terdiri dari lima berlian. Seluruhnya dipotong menjadi berlian kasar 179 karat. Berlian tersebut ditemukan di Republik Shaka atau Yakutia dua tahun yang lalu. 

Salah satu produsen berlian terbesar di dunia itu menyumbang sekira 25% dari produksi global. Berlian buatan mereka juga turut menyokong 95% produksi seluruh berlian di tambang Rusia.

Dengan produksi yang besar tersebut, pendapatan mereka juga begitu menakjubkan. Pada 2014, Alrosa menjual berlian 47,5 karat. Berlian tersebut dijual seharga USD1,8 juta atau sekira Rp23,9 miliar. Permata tersebut mereka jual di Sotheby, New York, Amerika Serikat.

Bestprofit     PT Bestprofit     Best Profit     PT Best Profit

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.